NTB PROV

Hadiri Musrenbang NTB, Miq Gite Optimis Menuju NTB Emas 2045

NTB PROV

Mataram, Diskominfotik NTB - Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) NTB, RPJPD 2025 - 2045, RPJMD Teknokratik 2025 - 2029 dan RKPD 2025 yang bertajuk "Mewujudkan NTB Emas, Menuju Indonesia Emas 2045" yang berlangsung di Hotel Lombok Raya, Mataram, Rabu (24/04).

Miq Gite juga menyampaikan dengan optmis,  bahwa visi daerah tahun 2025 - 2045 adalah NTB EMAS (Ekonomi Maju, Manusia Kuat, Aman Berkelanjutan, daerah Sejahtera), diharapkan menjadi visi bersama Provinsi dan Kabupaten Kota menuju Indonesia Emas.

"Kita telah merumuskan visi NTB Emas 2045 yaitu menuju Indonesia Emas 2045, dengan memperhatikan capaian pembangunan dalam 20 tahun terakhir, kita masih menghadapi berbagai isu, dalam bidang ekonomi, sosial, lingkungan dan tata kelola," jelasnya.  

Dengan menerapkan prinsip yang harus dipatuhi yaitu Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) sebagai strategic direction dalam pembangunan nasional.

"Jadi kita akan mengacu kepada apa yang dirumuskan oleh negara yaitu RPJP Nasional,sebagai strategic direction yang memiliki makna bahwa pembangunan daerah merupakan bagian dan satu kesatuan dari pembangunan nasional," jelasnya. 

Sementara itu, RPJP Nasional 2025 - 2045 merupakan arah pembangunan yang besar dan luas yang akan dicapai 20 tahun kedepan bagi seluruh masyarakat. "RPJPN bersifat imperatif atau wajib menjadi acuan dan pedoman untuk perencanaan pembangunan jangka panjang dan menengah. 

"RPJP Kabupaten/Kita wajib diselaraskan dengan RPJP Provinsi yang telah diselaraskan dengan RPJP Nasional," ungkap Miq Gite.

Provinsi NTB perlu meningkatkan produktifitas penduduk dan produktifitas pendapatan asli daerah untuk memacu peningkatan capaian pembangunan 20 tahun kedepan. 

Miq Gite menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Bappeda NTB karena telah mempersiapkan acara Musrenbang NTB dengan berbagai persiapan, salah satunya diadakannya FGD bersama dengan kaum milenial. Hal ini dimarenakan kaum milenial dapat menyampaikan mimpi - mimpinya untuk Indonesia Emas pada tahun 2045. 

"Mengundang kaum milenial adalah sesuatu yang tepat, karena 2045 adalah tahun - tahun bagi mereka yang saat ini diusia 20-25 akan menjadi aktor - aktor pembangunan daerah dimasa yang akan datang," ungkapnya. 

Kepala Bappeda Provinsi NTB, Dr. Ir. H Iswandi, M.Si mengungkapkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai pelaksanaan amanat Undang-undang no. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional dan Undang-undang no. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Musrenbang hari ini merupakan wujud pelaksanaan pendekatan partisipatif sebagai suatu mekanisme penyusunan dokumen perencanaan yang mengintegrasikan pendekatan perencanaan yang bersifat button up dengan menghimpun usulan dan masukan dari kabupaten kota, masyarakat dan arahan dari pemerintah pusat," jelasnya. 

NTB pada tahun 2045 dicita-citakan dapat mencapai masa keemasannya, yang ditandai dengan ekonomi yang maju, Sumber Daya Manusia yang kompetitif, unggul, andal, kuat dan bertakwa, lingkungan aman berkelanjutan dan memiliki ketangguhan menghadapi resiko bencana dan konsisten menerapkan prinsip-prinsip Pembangunan yang berkelanjutan. 

Turut hadir PJ Ketua TP- PKK Provinsi NTB, Anggota DPD Daerah Pemilihan Provinsi NTB, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Provinsi NTB, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI atau diwakili, Menteri Dalam Negeri RI atau diwakili, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI yang diwakili oleh Deputi, Menteri Perindustrian RI atau diwakili, Menteri Lingkungan Hidup RI atau diwakili, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi NTB dan sebagainya. (diskominfotikntb)

NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Link Penting

BPS NTB KADARING SIBI (Kamus dalam Jaringan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373